Review ASUS ROG Strix GL503VD

Review ASUS ROG Strix GL503VD

Wheretheeffismyhandbook –┬áDalam dunia yang membutuhkan mobilitas tentunya membutuhkan perangkat yang dapat mendukungnya. Ketika diminta untuk memilih perangkat mana yang paling mereka sukai untuk memainkan permainan hari ini, sebagian besar pemain mungkin akan lebih memilih komputer daripada konsol. Seiring perkembangan zaman, laptop semakin terjangkau dengan harga yang terjangkau. ASUS sebagai salah satu produsen laptop dengan varian ROG selalu menghadirkan inovasi terbaru dan terdepan. ASUS telah memperkenalkan rekomendasi laptop gaming terbarunya, ASUS ROG Strix GL503VD, dengan jajaran spesifikasi yang semakin disempurnakan.

Desain Premium

Ya, ASUS menjanjikan varian laptop ROG Strix-nya akan memiliki desain yang mirip dengan saudaranya ROG Zephyrus, yakni memiliki desain yang lebih segar dan terlihat premium untuk ukuran laptop entry level. Secara umum laptop ini didominasi material aluminium yang terlihat kokoh. Tak lupa, di baliknya terdapat logo ASUS ROG yang terlihat cerah dan menyala saat laptop game ini dihidupkan. Dengan desain kelas satu dan tampak lebih tipis dengan perubahan yang sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, ROG Strix GL503VD memiliki bobot hanya 2,5 kilogram. Stylish, kokoh dan gahar adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan laptop game ini. ROG Strix GL503VD masih sama dengan generasi sebelumnya untuk pengoperasian keyboard, namun tetap menggunakan cookie keyboard full-fledged yang dilengkapi dengan backlight RGB dan press spacing 1,6 mm yang menjamin kenyamanan pengguna saat bermain. Di sisi lain, tombol daya dan volume telah diubah dengan memisahkannya dari piano utama untuk kenyamanan bermain yang lebih baik.

Spesifikasi Mantap

ASUS ROG GL503VD masuk ke komponen dapur pacu dan tidak mengalami perombakan signifikan, masih dipersenjatai prosesor Intel Core i7-7700HQ Kaby Lake yang berjalan pada kecepatan 2,8 GHz dengan turbo boost hingga 3,8 GHz. Untuk mendukung prosesor cepat ini, laptop ini dibekali dengan RAM 8 GB DDR4 (yang bisa Anda tambahkan hingga 32 GB) yang berjalan pada kecepatan 2400 MHz. Karena kru KotGa menilai versi standarnya, maka media penyimpanan laptop ini hanya dibekali SSHD 1 TB dengan kecepatan 7200 rpm. Namun tenang saja, memori 8 GB tersebut tetap membuat laptop gaming tetap kencang saat digunakan untuk multitasking.

Di sisi lain, dibagian layar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana layar IPS 15 inci memiliki sRGB Color hingga 100% dengan refresh rate hanya 60Hz untuk versi standar. Layar IPS dengan 100% sRGB sangat memungkinkan kru KotGa menonton film. Speaker yang tertanam di laptop game ini sangat keras dan sehat dengan kualitas suara standar laptop entry level. Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Di sebelah kiri terdapat slot MicroSD, 2x USB 3.1, USB Type C dan slot Kensington. Di sisi kanan terdapat colokan listrik, RJ45, mini display port, HDMI, 2x USB 3.1 dan sambungan suara. Sedangkan dapur pacu untuk memainkan game harian, ROG Strix GL503VD dibekali dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 dengan memori 4 GB. Dengan kartu grafis ini, laptop sudah siap VR dan diklaim mampu menjalankan game-game modern.

Mungkin tidak salah lagi bahwa PC khusus yang disebut balap master PC memiliki jamur. Yang terpenting tentunya kemampuannya di atas rata-rata dalam hal performa dan kualitas visualisasi saat bermain game jauh lebih unggul dari konsol yang dibatasi oleh developernya. Namun, masih banyak keraguan tentang kemampuan laptop entry level untuk memainkan game modern. Seperti apa kemampuan ROG Strix GL503VD untuk memainkan game terbaru? Kru KotGa sudah menjajal game-game terbaru dengan laptop ini dan hasilnya sangat memuaskan. Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

Jika mencoba memainkan DOTA 2 dengan alignment kanan, laptop ini bisa mendapatkan rata-rata frame rate 110 FPS. Jika kamu memainkan Overwatch dengan pengaturan High, laptop ini bisa memiliki rata-rata 71 FPS. Cobalah bermain lebih berat, tapi laptop game tetap bisa bekerja dengan baik. Saat memainkan PlayerUnknown’s Battlegrounds, laptop ini bisa mendapatkan frame rate rata-rata 49 FPS dengan pengaturan tinggi.

Sumber: duniamasa

Anda mungkin juga suka...