Tips Sukses Bisnis MLM

Tips Sukses Bisnis MLM

Wheretheeffismyhandbook –┬áSebagian orang menyukai bisnis networking, atau bisnis multi level marketing (MLM), karena manfaatnya selain bisa dilakukan di rumah dan di mana saja juga sangat menggiurkan. Namun tidak melakukan model bisnis ini secara rutin terkadang disalahartikan oleh orang lain, seperti takut tidak memiliki jaringan, sehingga tingkat keberhasilannya kecil atau diisi dengan pemikiran tentang poin penutup dan lain-lain. Meskipun Anda ingin berbisnis dengan model apa pun jika ingin memulai dan membangunnya dengan serius, kemungkinan sukses sudah pasti terlihat. berikut beberapa tips bagi yang ingin sukses berbisnis melalui MLM:

1. Pelajari MLM yang perlu Anda ikuti

Agar tetap aman dari piramida dan penipuan MLM, Anda perlu melengkapi diri dengan pengetahuan. Pelajari industri MLM mana yang harus diikuti dan pastikan Anda sesuai dengan bisnis dan produk dengan baik. Jika Anda benar-benar yakin bahwa Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan bergabung dalam bisnis ini, jalani dengan tekun. Semakin banyak Anda mengetahui tentang bisnis tersebut, semakin Anda dapat melindungi diri dari penipuan dan membuat rencana sukses melalui MLM, sebaliknya jika Anda tidak yakin, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk tetap bertahan di MLM.

2. Temukan bisnis dengan produk yang Anda sukai dan Anda sukai

Anda tidak dapat menjual apapun atau berbisnis jika Anda tidak menyukai produknya. Jika Anda juga ingin mencari partner di MLM, sebaiknya Anda juga mencari orang yang ingin menjual produk agar Anda dan rekan Anda bisa saling mendorong untuk menawarkan produk kepada orang lain. Jangan lupa juga untuk melihat remunerasi perusahaan yang akan Anda terima sebelum Anda bergabung, dan pastikan remunerasi yang Anda terima menguntungkan bagi Anda.

3. Apa adanya dan tidak curang

Salah satu alasan penjualan MLM mendapatkan reputasi yang buruk adalah karena banyak anggota dalam perekrutan anggota baru mengatakan hal-hal yang berlebihan dan melakukan beberapa trik, yang membuat orang ketagihan dan percaya, sehingga mereka ingin bergabung. Bisnis MLM tidak melarangnya, tetapi Anda harus berbicara apa adanya dan memberitahu orang sukses yang Anda kenal tanpa melebih-lebihkan, itu lebih baik. Perusahaan MLM yang tepat akan mendorong Anda untuk selalu jujur dalam berurusan dengan pelanggan dan calon anggota. Jika Anda menyukai produknya, antusiasme Anda cukup untuk mempromosikannya. Berhati-hatilah untuk tidak berbohong atau membuat klaim yang berlebihan dan salah. Sehingga customer yang Anda rekrut tidak merasa tertipu dan alhasil bisa menjadi partner bisnis Anda

4. Jangan terlalu melibatkan teman dan keluarga Anda

Memulai bisnis tidak ada salahnya melibatkan teman dan keluarga jika mereka ingin bergabung, namun jika mereka enggan untuk bergabung dalam bisnis tersebut jangan terlalu sibuk untuk bergabung. Memang, banyak perusahaan MLM merekomendasikan menyusun daftar 100 orang terkenal, tetapi perlu diingat bahwa sebagian besar MLM yang sukses memiliki sedikit teman dan keluarga dalam bisnis mereka. Dan orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis ini sering kali datang ke kesuksesan MLM ini.

5. Identifikasi pasar sasaran

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan MLM baru adalah melihat semua orang (termasuk teman dan keluarga) sebagai pelanggan potensial yang dapat direkrut. Seperti bisnis lainnya, Anda akan mencapai kesuksesan dan efisiensi yang lebih besar jika Anda dapat mengidentifikasi pasar sasaran Anda dan memfokuskan upaya pemasaran Anda padanya.

Misalnya, dalam industri vitamin, seseorang yang tidak peduli dengan kesehatan bukanlah orang yang tepat untuk didekati; ternyata bisa mengganggu bisnis anda, cari orang yang tertarik dan peduli dengan kesehatan anda sebagai prospek.

6. Upayakan untuk berbagi dan mempromosikan produk yang dijual setiap hari

Konsentrasi untuk selalu membangun bisnis dan merekrut anggota baru, meskipun pendapatan yang Anda peroleh dari MLM belum sesuai dengan target yang diharapkan. Jika ada pelanggan yang menyukai produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda perlu mendekatinya dan lebih mudah menarik mereka untuk menjadi mitra dalam bisnis. Orang yang menyukai produk yang mereka gunakan biasanya akan mempromosikan diri pada produk yang Anda jual. Jika banyak yang tertarik, ini bisa jadi kunci untuk merekrut pelanggan baru sebagai anggota. Cara seperti sharing sample produk atau mengundang orang yang Anda kenal untuk berpartisipasi dalam promosi produk juga baik untuk dilakukan. Anda juga dapat melakukan ini melalui situs web atau akun media sosial Anda.

7. Mendengarkan keluhan dan menjual solusi

Banyak perusahaan menyediakan skrip untuk menjual produk atau layanan. Ini dapat membantu Anda menjelaskan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Baik dari segi penjualan, solusi maupun kebutuhan pelanggan. Tuliskan kontak Anda di teks yang Anda bagikan. Jika seseorang melakukan kontak, mendengarkan dengan baik keluhannya dan menjual solusi sesuai dengan pengetahuannya, orang akan merasa terbantu dan senang dengan solusi dan saran yang diberikan.

8. Pelajari pasar

Para pemain MLM seringkali membuat aturan minimal bahwa mereka boleh merekrut 3 orang, dan seterusnya. Ini adalah taktik tradisional. Tetapi penjualan langsung lebih baik daripada bisnis lainnya. Jadi pasarkan produk Anda dengan berbagai cara untuk memperhitungkan pasar sasaran Anda, apa yang dibutuhkan, bagaimana Anda dapat membantu dan di mana produk itu dapat ditemukan. Anda dapat menggunakan berbagai alat pemasaran, termasuk situs web (periksa kebijakan perusahaan di situs web), email, dan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk dan minat pada bisnis Anda.

Yuk gabung ke bisnis Forever Healthy Indonesia