Apa Itu Teks Berita Singkat?

Apa Itu Teks Berita Singkat

Berita sudah menjadi santapan kita semua setiap hari, misalnya dari pemberitaan seperti berita tentang kecelakaan atau berita tentang bencana alam. Apalagi di era digital dengan segala pernak-pernik kemajuan teknologi seperti saat ini, memudahkan kita dalam mengakses berita apapun, kapanpun, dimanapun. Bagi yang suka bermain gadget, Anda bisa dengan mudah menemukan teks berita di situs media sosial Anda. Jika Anda sudah sering melihat teks berita ini, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan teks berita?

Berita ini bukan sekedar informasi dengan struktur, konten dan bahasa bebas. Ada ketentuan yang berbeda-beda agar suatu teks layak menjadi teks berita. Sehingga kita bisa lebih memahami apa itu teks berita.

Teks berita adalah teks yang memuat informasi terkait sesuatu yang sedang terjadi di dunia atau di sekitar kita. Teks berita digunakan untuk berbagai tujuan, seperti siaran radio, artikel di situs web, atau dibacakan di berita televisi. Teks berita harus dibuat berdasarkan fakta yang ada sehingga informasi yang diperoleh masyarakat sesuai dengan fakta di lapangan.

Sehingga informasi yang disampaikan oleh newsmaker tersampaikan dengan baik kepada pendengar atau pemirsanya. Oleh karena itu harus memenuhi setidaknya 6 elemen yang perlu dijawab atau yang biasa kita sebut 5W1H.

  • Apa yang terjadi (What) dalam kasus atau informasi yang akan diberikan sehingga muncul ide inti atau masalah utama.
  • Siapa yang dilibatkan (Who) menjadi peristiwa atau tokoh sehingga perkembangan berita nantinya lebih jelas.
  • Dimana tempat kejadian (Where) berlangsung sehingga mudah ditemukan lokasi yang dituju sebagai informasi bagi masyarakat.
  • Kapan (When) peristiwa itu terjadi, berita yang dikirimkan tentunya harus up to date atau paling baru
  • Mengapa ini terjadi (Why) sehingga dapat diketahui penyebab kejadian dan alasannya.
  • Bagaimana (How) proses kejadian di pendeta ini diberitakan secara detail.

Dengan basis ini (5W1H), informasi yang diperoleh masyarakat atau netizen tentunya akan lebih baik dan tidak menimbulkan pertanyaan atau menimbulkan perbedaan persepsi di antara pembaca dan pendengar berita.

Struktur teks berita

Struktur teks merupakan deskripsi dari teks yang telah dibangun. Teks berita memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini disusun berdasarkan struktur teks berita acara, diikuti latar peristiwa dan disusul sumber berita https://sudutpintar.com/

Penjelasan struktur teks berita:

1. Orientasi berita

Bagian pembukaan teks berkaitan dengan apa yang akan dilaporkan.

2. Acara

Fase inti sebuah cerita. Pada bagian ini sebuah cerita diceritakan sedemikian rupa sehingga menyajikan beberapa fakta yang akan diungkap kemudian.

3. Sumber berita

Sumber berita ini harus disertakan, tetapi lokasinya mungkin fleksibel. Artinya, sumber berita tidak harus di akhir berita, tetapi bisa di dalam berita

Fitur teks berita

1. Arus saat ini

Tanda pertama adalah berita harus terkini atau mutakhir. Sebagian besar kendaraan yang sudah lewat atau usang tidak terlalu menarik untuk dibaca.

2. Faktual (dapat diandalkan)

Sebuah teks berita harus bertanggung jawab atas kebenarannya agar masyarakat tidak merasa tertipu oleh berita bohong maupun berita bohong. Ketiganya bisa diterima di masyarakat. Karena teks berita ditampilkan untuk semua kelompok, tidak hanya untuk kelompok tertentu saja, produser berita harus dapat menyesuaikan berita sesuai dengan konsumsi masyarakat. Struktur berikut jelas dan kalimatnya sederhana. Makna teks berita mengandung kalimat yang mudah dipahami masyarakat dan tidak rumit

3 Seimbang

Seimbang artinya tidak memihak pada satu individu atau kelompok. Untuk membuat berita harus netral. Aturan bahasa teks berita

Kaidah bahasa teks berita mengacu pada ciri atau kaidah konstruksi suatu teks. Kita dapat menggunakan aturan bahasa ini pada teks berita tertentu. Fitur bahasa teks berita termasuk

  • Ada penjelasannya
  • Kehadiran kata kerja reporter
  • Adanya kata kerja transisi
  • Kondisi teks berita

Teks dikatakan sebagai teks berita jika memenuhi persyaratan teks berita. Persyaratan teks berita ini pada dasarnya juga mengacu pada fitur teks berita.

Agar lebih jelasnya, mari kita lihat ketentuan teks berita ini.

Fakta atau fakta

Teks berita harus berisi fakta atau peristiwa aktual. Jika kejadian yang disampaikan bukan fakta, maka tidak bisa disebut berita.

Nyata

Teks berita harus merupakan peristiwa terkini.

Seimbang

Seimbang melalui teks, tidak ada yang mungkin berada di pinggir. Oleh karena itu, berita yang disajikan seimbang atau tidak seimbang.

Selesai

Teks pada suatu berita harus penuh dengan unsur 5W1H (Apa, mengapa, siapa, kapan, di mana + bagaimana) dan harus sesuai dengan unsur atau struktur teks berita tersebut

Menarik

Teks berita sebaiknya disajikan dengan judul yang menarik agar masyarakat lebih tertarik membaca teks berita tersebut

Secara sistematis

Sebuah cerita juga harus disajikan secara sistematis atau berurutan agar jelas dan mudah dipahami.