Tips Memilih Sofa Berkualitas

Tips Memilih Sofa Berkualitas

Wheretheeffismyhandbook –┬áMemilih sofa yang tepat itu mudah bukan? Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara yang tepat dalam memilih sofa. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti warna, bentuk, ukuran, tingkat kenyamanan, dan lainnya. Tak heran jika kebanyakan orang merasa terbebani saat memilih sofa yang tepat. Berikut beberapa tip penting untuk membantu Anda memilih sofa hidup yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan:

Memilih sofa dengan ukuran yang tepat di ruang tamu

Salah satu kesalahan umum saat memilih sofa atau kursi tamu adalah memilih sofa yang tidak proporsional, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan lupa ukur luas ruang tamu dan biarkan ruangan bergerak bebas. Untuk ruang tamu yang cukup luas, tentukan dulu luas yang akan ditempati sofa.

Pilih rangka sofa yang kokoh dan berkualitas

Pilih rangka sofa yang kuat dan berkualitas tinggi di ruang tamu agar sofa tahan bertahun-tahun. Rangka sofa yang terbuat dari kayu solid menjadi pilihan yang cukup bagus, karena bahan ini dikenal awet dan awet. Jangan gunakan bahan seperti kayu lapis standar, papan partikel, dan papan serat kepadatan sedang.

Periksa busa jok

Sebaiknya pilih sofa dengan busa yang berkualitas. Penggunaan busa berkualitas akan menjamin kenyamanan sofa hidup dalam waktu yang lama. Jangan memilih sofa dengan buih yang terlalu empuk atau terlalu keras, karena akan cepat berubah bentuknya dan pasti tidak akan terasa nyaman.

Memilih bahan pelapis sofa terbaik

Saat memilih bahan pelapis sofa, Anda perlu memperhatikan aspek estetika dan fungsional. Pelapis suede terlihat sangat cantik, namun tidak cocok digunakan di rumah dengan anak kecil atau hewan peliharaan, karena mudah rusak. Berbagai jenis bahan pelapis tersedia di pasaran, mulai dari katun, linen, rayon, velvet, polyester dan leather. Pilih kain pelapis yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Pilih sofa yang sesuai dengan desain rumah Anda

Untuk tampilan yang cantik, perlu menyesuaikan model dan gaya sofa ruang tamu dengan desain rumah Anda secara keseluruhan. Jika desain rumah Anda lebih condong ke gaya minimalis, gunakan sofa dengan desain yang menyertakan garis-garis solid dan warna-warna netral. Jika Anda lebih suka gaya yang lebih tradisional, sofa dengan gaya klasik dan warna kalem adalah pilihan terbaik.

Warna sofa yang cocok

Sofa putih di ruang tamu tidak cocok untuk digunakan di rumah dengan anak kecil dan hewan peliharaan. Untuk membantu Anda memilih warna sofa yang tepat, perhatikan warna lantai dan warna furnitur ruang tamu lainnya. Anda dapat memilih warna-warna terang, pola, atau menggunakan warna-warna netral untuk keamanan tambahan. Di ruang tamu, titik tengahnya adalah sofa berwarna terang.

Tentukan bentuk sofa yang sesuai untuk ruang tamu

Pilih bentuk sofa yang sesuai dengan ruang keluarga Anda. Bentuk yang paling banyak ditemui adalah sofa berbentuk L atau L. Anda bisa memilih bentuk ini untuk ruang tamu dengan konsep terbuka yang akan menyatu dengan ruangan lain di rumah Anda. Untuk kesan yang lebih unik, Anda bisa memilih sofa dengan bentuk setengah lingkaran. Atau bisa mencoba membeli kursi tamu jati.

Cobalah sebelum membeli

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum membeli sofa di ruang tamu adalah mencobanya terlebih dahulu. Kenyamanan sebuah sofa sangat bervariasi, sehingga sangat penting untuk dicoba terlebih dahulu untuk menemukan sofa yang tepat. Bisakah Anda bersandar dengan nyaman? Bisakah kaki Anda beristirahat dengan nyaman di lantai? Pilih sofa yang akan membuat Anda dan tamu merasa nyaman.