Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Di Indonesia

Jurusan Kuliah Yang Sepi Peminat Di Indonesia

Wheretheeffismyhandbook – Apa alasan Anda memilih gelar dengan permintaan rendah? Meningkatnya peluang kelulusan dalam seleksi masuk mungkin menjadi salah satu alasannya. Sedangkan untuk Sahabat Cerdas lainnya, mata kuliah yang diinginkan kurang diminati.

Tetapi departemen apa saja yang memiliki permintaan yang relatif rendah? Mari kita lihat ulasan Informasi Pendidikan No #1 di bawah ini.

1. Kearsipan

Departemen Kearsipan Indonesia termasuk dalam program pelatihan vokasi. Di departemen ini kita belajar tentang manajemen file, pelaporan, penelitian, pemodelan dan berbagai hal lainnya. Pengarsipan sangat penting karena setiap arsip memiliki standar tersendiri.

Departemen ini tidak tersedia di semua universitas. Saat ini file D3 terakreditasi A hanya tersedia di Universitas Gadjah Mada. Sementara di kampus lain, Jurusan Kearsipan digabung dengan Jurusan Perpustakaan.

2. Fisioterapi

Jika ditanya tentang spesialisasi kesehatan, kita dapat dengan mudah mengutip Kedokteran, Apotek, Keperawatan dan lain-lain. Tetapi apakah Anda terbiasa dengan terapi fisik? Di departemen ini kami belajar fisioterapi, bagaimana cara memperbaiki disfungsi atau masalah dengan pergerakan tubuh.

Jurusan D3 Fisioterapi dengan akreditasi A terletak di Politeknik Kementerian Kesehatan Surakarta. Di kota yang sama terdapat S1 Fisioterapi yang diakreditasi oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Teknik pengelasan

Departemen Teknik Pengelasan – Pernahkah Anda mendengarnya? Mata kuliah calon lulusan terapan ini adalah tempat kami mempelajari teknik pengelasan dari industri otomotif hingga konstruksi lepas pantai. Mahasiswa jurusan ini sangat penting bagi industri baja dan sejenisnya, bagi PT PELNI dan PT KAI.

Selain bekerja sebagai tukang las profesional di suatu perusahaan, Sarjana Aplikasi dari jurusan ini juga berkesempatan untuk memulai usaha pengelasan secara mandiri. Teknik Pengelasan D4 dengan akreditasi A saat ini berada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

4. Teknik kelautan

Arsitektur angkatan laut dan teknik angkatan laut juga bukan merupakan jurusan pilihan bagi sebagian besar calon mahasiswa. Di departemen ini kita belajar tentang kapal, bagaimana merancang dan membangunnya, struktur dan bentuk dasarnya, proses pembuatannya, bagaimana memperbaikinya, berlayar, mengoperasikan armadanya, hukum laut.

Di mana Anda belajar arsitektur angkatan laut? Kampus dengan akreditasi A Naval Architecture adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Hasanuddin dan Universitas Diponegoro.

5. Rekayasa jalur pipa

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya punya jurusan yang menarik ini sobat. Terakreditasi A, di jurusan ini kita belajar tentang komponen dan desain tabung. Tahukah kamu, bung? Diperlukan sistem perpipaan yang baik di sektor industri, seperti pembangunan pabrik, maritim, seperti pengeboran minyak lepas pantai.

Karena luasnya bidang aplikasi perpipaan, maka tidak heran jika mahasiswa di jurusan ini juga belajar teknik kimia. Bahkan materi perkuliahannya masih “erat kaitannya” dengan teknik sipil.

6. Manajemen transportasi

Kita sering bertemu alumni Program Diploma Manajemen Transportasi yang bekerja di Kementerian Perhubungan, baik di Dinas Lalu Lintas Angkatan Darat (DLLAJ) maupun di Angkasa Pura. Prospek pekerjaan ini bukan tanpa alasan, sobat. Selama kuliah, mahasiswa di Departemen Manajemen Transportasi belajar tentang mengatur lalu lintas mobil dan barang komersial di darat, laut dan udara.

Mahasiswa pada departemen ini adalah yang memahami perencanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan alat transportasi. Mereka juga tahu cara menghitung biaya pengoperasian kendaraan, menentukan tarif yang tepat untuk diterapkan, memperkirakan konsumsi bahan bakar, dan mengatur rute transportasi.

D3 Manajemen transportasi udara yang diakreditasi oleh Trisakti Institute of Transport and Logistics. Dengan akreditasi yang sama, D3 Manajemen Transportasi Laut berkedudukan di Sekolah Maritim Yogyakarta dan di Institut Logistik dan Transportasi Trisakti. Sedangkan D4 Perhubungan Darat A diakreditasi oleh Sekolah Tinggi Perhubungan Darat Bekasi.