Cara Agar Sepeda Aman Dari Maling

Cara Agar Sepeda Aman Dari Maling

Wheretheeffismyhandbook – Ada kasus pencurian sepeda, tidak pernah berhenti sampai kita berhati-hati dan khawatir dengan keselamatan sepeda kita. Sepeda lebih mudah dicuri karena ringan, tidak menggunakan kunci untuk start, dan tidak ada peralatan keselamatan bawaan dari pabrikan. Sepeda motor dan mobil harus menggunakan kunci untuk menyalakannya, selain alarm, kunci roda dan teknologi keamanan lainnya yang telah dipasang pada kendaraan bermotor tersebut.

Ini tidak sama dengan sepeda, jadi kita perlu mengambil langkah ekstra untuk membuat sepeda kita lebih anti maling.

1. Lokasi, lokasi, lokasi

Ini bukan iklan real estat, melainkan faktor hilangnya sepeda Anda karena lokasinya yang salah atau tidak aman. Pencuri sepeda tidak ingin terlihat di tempat kerja, jadi menempatkan atau memarkir sepeda di lokasi yang jelas sangat mengurangi risiko pencurian.

Jangan memarkirkan sepeda di tempat yang sunyi dan tersembunyi, pastikan bahwa sepeda yang kita parkir di tempat yang terlihat dan dijaga, baik karena banyak orang yang lalu lalang, ada yang berjaga, atau karena ‘mereka diawasi oleh CCTV. Jika Anda memiliki sepeda yang mahal, jangan pernah meninggalkannya di area yang tidak rentan atau tanpa pengawasan yang tepat. Cara terbaik adalah menggunakan sepeda atau kendaraan lain jika tidak ada ruang kosong untuk parkir atau penyimpanan yang tersedia. Sepeda lipat lebih aman karena bisa dilipat dan dibawa ke kantor, mall atau rumah.

2. Lepaskan aksesori dari sepeda

Aksesoris sepeda dipastikan akan menarik perhatian pencuri karena lebih mudah dilepas. Asesoris ekstra yang tidak dicopot juga bisa menjadi indikasi sepeda tidak terkunci karena lupa atau terburu-buru pemiliknya. Asesoris yang biasa dipasang pada sepeda seperti bel pintu, dudukan, GPS, monitor laju pendengaran, spion atau lampu sepeda. Lepas dan kenakan aksesori ini agar kurang memperhatikan dan terlihat lebih menarik.

3. Kunci sepeda

Memasang kunci sepeda tidak mengurangi kemungkinan kehilangan sepeda, jika kita tidak hati-hati atau jika kita menggunakan gembok yang tidak berkualitas tinggi. Gunakan gembok atau gembok berkualitas seperti Kryptonite, Abus, Trelock, dan Squire. Kunci berkualitas lebih sulit untuk dipotong dan dihancurkan. Investasikan sedikit untuk perlindungan yang lebih baik.

Mengunci sepeda dengan gembok juga membutuhkan teknik tertentu. Ada beberapa bagian sepeda yang mudah dilepas yaitu sadel / tiang jok dan rodanya. Untuk sepeda yang akan ditinggalkan atau harus tinggal lama di area yang rawan pencurian, berikan keamanan tambahan untuk pelana dan roda. Pada beberapa sepeda, pelana dan roda dikunci menggunakan QR (Quick Release) yang dirancang agar mudah dilepas.

Sekalipun kita mengunci atau mengunci rangka, pelana dan roda dapat dilepas dengan mudah dan cepat. Gunakan beberapa kunci untuk mengunci bagian-bagian sepeda kita agar tidak rusak. Sheldon Brown menyarankan untuk membutuhkan setidaknya tiga kunci untuk mengunci sepeda dengan aman. U-lock atau D-Lock digunakan untuk mengunci roda belakang, kemudian menghubungkannya dengan rantai atau pengunci dengan kabel panjang ke roda depan. Gembok untuk mengunci pelana sepeda. Gantung atau kencangkan gembok pada struktur tertutup agar kuncinya tidak bisa rusak dan memiliki alas yang kokoh.

4. Tinggalkan jejak

Ini mungkin tidak mengurangi risiko sepeda Anda dicuri, tetapi dapat digunakan untuk menemukan sepeda yang hilang. Dengan menggunakan warna yang berbeda, stiker sepeda biasanya membuat perbedaan pada sepeda dan dapat mengurangi niat orang untuk mengendarainya karena terlalu berbeda dengan yang lain.

Anda juga bisa mengukir nama di bingkai, sehingga kalaupun ada yang mengambilnya, akan lebih sulit untuk digunakan kembali atau dijual karena sudah ada namanya.

Tip lain, seperti yang dijelaskan pada tip sepeda 1, adalah memasukkan kartu nama ke dalam rangka sepeda. Ini lebih menguji apakah sepeda itu milik kita, atau sebagai nomor kontak jika orang lain menemukan sepeda itu.

Cara yang lebih ekstrim adalah menghubungkan pelacak GPS ke sepeda. Pelacak GPS ini adalah alat kecil yang dapat mengirimkan koordinat sepeda ke alat pemantau (biasanya menggunakan ponsel). Selain penggunaan GPS tracker yang biasa digunakan pada mobil atau sepeda motor, terdapat juga GPS tracker yang khusus untuk sepeda. Misalnya produk kayuh sepeda yang sudah terpasang GPS, jadi kemana saja sepeda itu dibawa bisa kita lacak.

Itulah tips dari Garuda Print – Jasa pembuatan jersey sepeda custom