Tips Mengambil Foto Dengan Fujifilm X-A1

Tips Untuk Mengambil Foto Dengan Fujifilm X-A1

Wheretheeffismyhandbook – Ada banyak genre fotografi yang bisa Anda pilih. Jika Anda baru belajar, Anda mungkin kesulitan mencari tahu genre mana yang tepat untuk Anda. Ada baiknya mempelajari semua genre jika Anda baru belajar fotografi agar memiliki pengetahuan fotografi yang luas.

Nah, jika Anda sudah cukup mahir dan ingin mencoba mengeksplorasi suatu genre, Anda bisa memilih genre Street Photography. Genre ini cocok untuk kamu yang peka dan tertarik dengan urusan sosial dan semua yang terjadi di sekitarmu. Jika kamera yang Anda miliki sekarang adalah kamera Fujifilm X-A1 level pemula, jangan biarkan hal itu membuat Anda kesal. Anda masih bisa memaksimalkan rental kamera Jogja ini untuk fotografi jalanan.

Tips Mengambil Foto Dengan Fujifilm X-A1

Berikut beberapa tip untuk mendapatkan hasil maksimal dari fotografi jalanan dengan Fujifilm X-A1.

1. Pilih mode yang paling sesuai

Meski kamera Fujifilm X-A1 termasuk dalam kelas entry level, namun memiliki sederet fitur yang cukup lengkap yang bisa Anda andalkan untuk berbagai kebutuhan fotografi, termasuk street photography. Dengan dial atas, Anda dapat mengatur mode pemotretan, manual, otomatis penuh, prioritas rana atau apertur.

Untuk mengabadikan momen street photography yang sering berlalu dengan cepat, Anda bisa memilih mode shutter priority. Anda dapat menggunakan kecepatan dari 1/100 detik. Atau jika kondisinya jelas dan aktivitas subjek yang Anda potret tidak terlalu cepat, Anda bisa menggunakan mode P untuk bukaan otomatis, kecepatan rana, dan pengaturan ISO.

2. Semakin dekat, semakin baik

Genre fotografi jalanan lebih terkait dengan jurnalisme. Lewat foto, kita bisa mengabadikan keresahan sosial yang terjadi di sekitar kita. Bahkan sebuah foto bisa menjadi agen perubahan jika digunakan dan ditampilkan dengan benar.

Robert Capa, salah satu jurnalis foto terkenal pernah berkata: “Jika fotomu kurang bagus, berarti kamu kurang dekat.” Kedekatan dapat didefinisikan sebagai kedekatan pribadi objek atau secara harfiah jarak antara Anda dan objek yang Anda potret.

Nah, dengan Fujifilm X-A1, Anda tidak perlu khawatir dengan jaraknya. Anda bisa mendekati objek tanpa khawatir terintimidasi, seperti saat menggunakan kamera DSLR besar. Ukuran X-A1 yang kecil akan membuat semua orang lebih mudah diakses sehingga foto Anda lebih realistis, terutama jika Anda cukup berani untuk mengobrol dengan orang yang Anda potret.

Baca juga: Pilihan keyboard emoji lengkap

3. Tim yang tepat

Jika Anda membeli Fujifilm X-A1, dalam paket penjualannya Anda akan mendapatkan zoom XC16-50mm f / 3.5-5.6 OIS. Lensa ini lebih dari cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Anda, mulai dari lanskap hingga potret.

Namun demikian, jika Anda menginginkan foto yang lebih tajam, Anda dapat memilih lensa panjang fokus tetap dengan apertur besar. Kamera Fujifilm menggunakan lensa X mount. Salah satu lensa terbaik yang ada di pasaran adalah Fujinon XF35mm f / 2. Focal length ini setara dengan 53mm karena sensornya selalu berukuran APS-C. Ukuran ini ideal untuk kebutuhan fotografi jalanan.

Dipadukan dengan aperture yang cukup besar, lensa ini dapat menghasilkan gambar yang tajam dengan latar belakang bokeh. Bahkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk memotret dalam kondisi minim cahaya tanpa menimbulkan banyak noise karena perlu meningkatkan ISO. Lensa ini sangat cocok untuk Anda jika Anda ingin meningkatkan kemampuan X-A1 favorit Anda. Di Bukalapak, Anda bisa mencapainya dengan harga mulai Rp 4 jutaan.